Ajarkan Anak agar Sadar Lingkungan dengan Beberapa Cara Ini

by

Dummy

Lingkungan saat ini makin rusak karena ulah manusia serta pemanasan global yang tak bisa dihindari. Anda bisa membantu mencegahnya dengan berbagai hal seperti melakukan reboisasi dan lainnya. Nah, Anda juga bisa mengajak si kecil untuk sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan seperti yang di bawah ini. Anda tak perlu takut si kecil kotor dan bau ketika melakukannya karena sekarang ada shampoo anak, body wash, dan body cologne dari DOREMI Thomas & Friends yang akan selalu menjaga kesegaran mereka. Melalui kampanye #GreatAdventureAwaits, anak bisa bebas melakukan yang diinginkan tanpa takut kotor dan bau dengan DOREMI.

  1. Buat Mereka Sensitif terhadap Penderitaan Hewan

Lingkungan Anda terdiri atas flora dan fauna yang mencakup seluruh makhluk hidup. Anda bisa mengajarkan mereka untuk sadar dengan lingkungan melalui kebaikan anak-anak terhadap hewan. Buat mereka sensitif akan apa yang terjadi pada hewan seperti kucing yang sedang sakit dan tak mau makan.

Anda bisa mengekplorasi lebih banyak dengan cara membawa mereka berkunjung ke kebun binatang. Mereka bisa bertemu lebih banyak hewan dan sifat sensitifnya akan lebih terasah. Didik pula mereka agar tahu bahwa hewan punya hak yang sama seperti manusia, ya!

  1. Menanam Bibit Bersama Anak

Alih-alih melakukan liburan ke mall atau ke tempat tamasya lain, Anda bisa mengajak anak Anda menanam bibit tanaman bersama. Ajarkan pada mereka pentingnya menanam pohon guna kelangsungan hidup banyak orang karena pohon adalah penghasil oksigen yang dibutuhkan ketika bernapas.

Ketika anak menanam pohon dengan tangan mereka sendiri, akan timbul rasa cinta pada alam dan mereka akan menghargai setiap pohon serta keindahannya. Dengan rasa cinta ini, mereka pasti akan berpikir ulang bila mau menebang atau merusaknya.

  1. Daftarkan ke Kelas Alam

Ingin anak Anda menghabiskan waktu dengan cara yang produktif selama masa liburan yang sebentar lagi akan tiba? Daftarkanlah mereka pada kelas atau kamp lokal yang mengajarkan pada anak-anak bagaimana alam bekerja.

Mereka biasanya akan melakukan banyak penelitian tentang serangga, mengamati burung menanam pohon, dan masih banyak lagi yang mana semuanya tentang lingkungan. Mereka bisa tahu dan menyerap nilai-nilai yang baik agar terus bisa menjaga kelestarian lingkungan.

  1. Buat Mereka Sadar akan Pentingnya Menghembat Sumber Daya Alam

Sumber daya alam terdiri atas dua macam yakni sumber daya alam yang bisa diperbaharui seperti hewan, tumbuhan, dan air. Serta sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui seperti minyak bumi, listrik, gas dan lainnya. Meski berbeda, kedua-duanya harus tetap dihemat agar generasi berikutnya bisa merasakannya juga.

Nah, selain Anda, ajarkan si buah hati untuk menghemat sumber daya alam ini juga, ya. Seperti dengan cara mematikan lampu yang tidak terpakai, menggunakan air seperlunya, dan tidak membuang sampah sembarangan yang bisa merusak sumber daya alam tersebut. Dengan begini, mereka bisa sadar bahwa menghemat sumber daya alam itu penting.

  1. Menggunakan Berbagai Hal yang Ramah Lingkungan

Maksudnya adalah, ajarkan anak Anda menggunakan barang-barang yang tidak anti terhadap lingkungan. Menggunakan tas dari daur ulang sampah plastik, menggunakan pupuk organik yang dibuat dari sisa makanan sehari-hari untuk tanaman dan masih banyak lainnya.

Menggunakan barang-barang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang ini tentu saja berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan putra putri Anda bisa turut serta di dalamnya. Kebiasaan baik ini bisa berlanjut sampai mereka dewasa nanti dan mereka akan tetap sadar akan baiknya menjaga lingkungan.

Anda tak perlu khawatir mereka bau dan kotor ketika Anda mengajari mereka cara agar sadar terhadap lingkungan karena kini ada DOREMI Thomas & Friends akan mengatasinya. Dengan wangi segar dari buah-buahan dan kandungan aloe vera pada shamponya pasti membuat anak Anda akan terus riang dan terjaga kesegarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *