Hal-hal Yang Dapat Membatalkan dan Mengurangi Amal Ibadah Puasa

by

8 Hal yang Bisa Membatalan Puasa, Yuk Cari Tahu

Datangnya bulan puasa hanya tinggal menghitung beberapa hari lagi saja. Pastinya setiap umat Muslim diseluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah tersebut dengan penuh sukacita. Soalnya, kita akan memanfaatkan momen bulan Ramadhan untuk mensucikan diri dengan cara beribadah sebaik mungkin. Amalan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan ini juga tentunya jauh lebih besar dari bulan-bulan biasanya. 

Berbicara soal bulan Ramadhan, tentu saja bukan hanya sebatas menahan rasa lapar dan haus saja. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan dan mengurangi amalan ibadah puasa. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini. 

Hal-hal Yang Membatalkan Puasa :

  1. Makan dan Minum

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa makan dan minum di siang hari itu merupakan salah satu faktor yang dapat membatalkan puasa. Selain itu, suami istri yang bersetubuh disiang hari juga maka puasanya tidak sah. Sebagaimana yang disebutkan pada QS. Al-Baqarah:187 “Maka sekarang campurilah mereka (istri) dan carilah apa yang telah di tetapkan Allah untuk kalian, dan makan minumlah hingga jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa hingga datang malam”.

  1. Mengeluarkan Air Mani Dengan Syahwat

Pada dasarnya, mengeluarkan air mani termasuk kedalam syahwat yang tentu saja dapat membatalkan puasa jika dilakukan dengan sengaja.

  1. Muntah Dengan Sengaja

Apabila kamu muntah secara disengaja, tentu saja ibadah puasamu itu tidak sah sehinga kamu harus meng-qadha di lain hari. Hal itu juga disebutkan pada hadist dari Abu Hurairah “Barangsiapa yang muntah dengan sengaja, maka wajib mengqadha. Dan barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak ada qadha baginya” (HR. Abu Dawud No. 2380 dan Tirmidzi no. 720).

  1. Keluarnya Darah Dengan Bekam

Tak hanya muntah dengan sengaja, mengeluarkan darah dengan cara bekam juga bisa membatalkan ibadah puasa. “Orang yang membekam dan yang dibekam batal puasanya” (HR. Bukhari no. 1937 dan Tirmidzi no. 774). 

  1. Mengeluarkan Darah Haid dan Nifas

 “Bukankah jika seorang wanita haidh maka ia tidak shalat dan tidak puasa”.  (HR. Bukhari No. 304 dan Muslim no. 79), 

Hal-hal Yang Dapat Mengurangi Amalan Ibadah Puasa :

  1. Membicarakan Orang Lain

Hal pertama yang bisa mengurangi amalan ibadah puasamu, yakni membicarakan orang lain alias ghibah. Nah, daripada membicarakan orang lain, sebaiknya kamu mengisi waktu berpuasa dengan mengaji, berdzikir, dan kegiatan manfaat lainnya. 

  1. Bermusuhan Dengan Orang Lain

Dalam ajaran agama Islam, kita tidak diperbolehkan bermusuhan lebih dari 3 hari. Selain dapat mengurangi amal ibadah puasa, bermusuhan juga tentunya dapat memutus tali silaturahim lho! Maka dari itu, kita harus belajar untuk saling memaafkan.

  1. Berkata Kasar dan Berbohong

Sekecil apapun kebohongan yang kita buat, maka hal itu dapat mengurangi pahala ibadah puasanya. Selain berkata bohong, berkata kasar dan kotor juga bisa mengurangi amalan ibadah puasa kita. 

  1. Berduaan Dengan Yang Bukan Muhrim

Hal berikutnya yang bisa mengurangi amalan ibadah puasa, yaitu berduaan dengan yang bukan muhrim. Dan yang lebih mengerikannya lagi, berduaan dengan yang bukan muhrim itu bisa menimbukan fitnah!

Nah, itulah beberapa hal-hal yang bisa membatalkan dan mengurangi amalan ibadah puasamu. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *